BLC Telkom || Poin-poin Manajemen Proyek

Manajemen Proyek

A.PENDAHULUAN

a.Pengertian
Manajemen adalah rangkaian kegiatan(dalam proses memimpin dan mengendalikan kegiatan anggota organisasi)dalam rangka mencapai tujuan organisasi,sedangkan proyek adalah sebuah pekerjaan yang bersifat sementara atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam waktu tertentu,jadi manajemen proyek adalah mengatur proyek di bidang pendidikan dengan menggunakan manajemen(proyek pendidikan sebagai objek manajemen).

b.Latar Belakang Masalah
Belum terbentuknya jiwa manajemen proyek

B.MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud
Mempelajari poin-poin dalam manajemen proyek

b.Tujuan

  • Agar memiliki rencana
  • Bisa mengoganisir kelompok
  • Bisa menggerakkan  dan memotivasi para anggota kelompok
  • Mengendalikan proyek 

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Konsep manajemen proyek

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Mengetahui prinsip manajemen proyek terdiri dari:planning,organizing,actuating,controling
  • Dan semoga bisa menerapkannya

E.Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Charger
  • Internet

F.Target Waktu

Jam 10.00-11.00

G.Tahapan Pelaksanaan

-Membaca E-book Manajemen Proyek Di Bidang It
-Membahas bersama

Manajemen Proyek

Manajemen adalah rangkaian kegiatan(dalam proses memimpin dan mengendalikan kegiatan anggota oeganisasi)dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Proyek adalah sebuah pekerjaan yang bersifat sementara atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam waktu tertentu.
Manajemen proyek adalah mengatur proyek di bidang pendidikan dengan menggunakan manajemen(proyek pendidikan sebagai proyek manajemen).

Prinsip Manajemen Proyek:
-Planning(perencanaan)
-Organizing(pengorganisasian)
-Actuating(penggerakan)
-Controling(pengendalian)

Contoh Proyek:
-Pendidikan multikulturan di SMA
-Pengembangan SD/SMP terpadu(dalam satu atap=satu manajemen
-PGSD

Kriteria Proyek:
-Kapabel untuk dilaksanakan
-Mudah dimplementasikan
-Cos effectiveness

Proyek Dalam Manajemen:
-Suatu kegiatan yang bersifat temporer untuk menghasilkan suatu produk atau layanan bersifat unik
-Temporer,berarti tidak terus-menerus(rutin)
-Jelas tujuannya:suatu produk atau layanan

Manajemen Proyek Diperlukan:
-Supaya target tercapai
-Memerlukan kecepatan
-Memerlukan trobosan

Tahapan Manajemen Proyek:
-Tahap identifikasi
-Desain
-Implementasi/pelaksanaan 
-Evaluasi
-Audit proyek
-Terminasi:penutup proyek

H.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN

Ketika diterangkan sedikit, tidak respon Menyelesaikan bertanya atau mengulas kembali

I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Tidak asal langsung membuat proyek tetapi harus ada prinsipnya dulu, kalau kita memiliki dasaran yang kuat maka kedepannya tidak akan koyak

J.REFERENSI

-E>book Konsepsi Manajemen Proyek Di Bidang IT
-Wikipedia
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url