BLC Klaten || Employabillity Skills Bagi Lulusan SMK

 Employabillity Skills




A.PENDAHULUAN

a.Pengertian

Employabillity skill adalah keterampilan seseorang  memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan atau tetap dapat bekerja atau bisa dibilang kecakapan kerja.

b.Latar Belakang Masalah

Syarat bekerja setelah lulus SMK

B.MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud

Mempelajari employabillity skill

b.Tujuan

Bisa menerapkannya 

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Employabillity skill untuk lulusan SMK

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Bisa menerapkannya di dunia kerja

E.Alat dan Bahan

-Laptop
-Charger
-Internet

F.Target Waktu

Jam 14.00-16.00

G.Tahapan Pelaksanaan

-Membaca E>book Employabillity Skill Lulusan SMK.pdf
-Membahas bersama

SMK bertujuan untuk:
-Mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau meluaskan pendidikan dasar.
-Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitarnya.
-Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi,dan kesenian.
-Menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sifat profesional

Agar dapat bertahan dan unggul dalam kompetisi:
-Pengetahuan umum dan penguasaan bahasa inggris
-Keterampilan komunikasi meliputi penguasaan komputer dan internet,presentasi audiovisual,dan alat-alat komunikasi lain.
-Keterampilan personal meliputi kemandirian,kemampuan,komunikasi,mendengar,keberanian,semangat dan kemampuan kerjasama dalam tim,inisiatif,dan keterbukaan.
-Fleksibilitas dan motivasi untuk maju yaitu kemampuan beradaptasi sesuai perubahan waktu dan lingkungan serta keinginan untuk maju sebagai pimpinan

Dalam mengkaji tingkat pengangguran terbuka terdapat beberapa kiteria yang digunakan ILO menerbitkan empat kriteria pengangguran terbuka yaitu:
-Mereka yang tidak punya pekerjaan dan mencari pekerjaan.
-Mereka yang tidak punya pekerjaan dan mempersiapkan usaha.
-Mereka yang tidak punya pekerjaan dan tidak mencari pekerjaan,karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan.
-Mereka yang punya pekerjaan,tetapi belum mulai bekerja.

Mencari pekerjaan adalah kegiatan seseorang yang pada saat survei orang tersebut sedang mencari pekerjaan,diantaranya adalah seseorang:
-Yang belum pernah bekerja dan sedang berusaha mendapatkan pekerjaan
-Yang sudah pernah bekerja,karena suatu hal berhenti atau diberhentikan dan sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan.
-Yang bekerja atau mempunyai pekerjaan,tetapi karena sesuatu hal masih berusaha untuk mendapatkan pekerjaan lain.

Serupa dengan kriteria sedang mencari pekerjaan,alasan utama mempersiapkan usaha yang digali dalam survey BPS adalah:
-Tamat sekolah/tidak sekolah lagi.
-Tanggung jawab mencari nafkah/membantu ekonomi rumah tangga atau keluarga.
-Menambah penghasilan.
-Terkena PHK.
-Habis kontrak.
-Usaha terhenti.
-Juga dimungkinkan karena pekerjaan yang ada tidak sesuai.

OECD mengidentifikasi 4 kompetensi generik dalam employabitilly skill yaitu:
-Multi fungsi
-Relevan pada lintas banyak bidang-kompetensi ini harus relevan untuk berpatisipasi pada industri,pendidikan,pelatihan,politik,jejaring sosial dan hubungan interpersonal,serta kehidupan keluarga dan pengembangan kepekaan terhadap kehidupan sosial.
-Berkaitan dan tuntutan kompleksitas mental-mengamsusikan suati anatomi mental yang mencangkupi pendekatan aktif dan reflektif untuk kehidupan
-Multi-dimensional

Effective relationship
a)Kemampuan Interpersonal
-Memahami kerja tim dan bekerja dengan orang lain
-Menanggapi kebutuhan pelanggan
-Latihan kepemimpinan
-Negosiasi untuk menyelesaikan konflik
-Menghormati perbedaan individu

b)Kualita Pribadi
-Mendemontrasikan tanggung jawab dan disiplin diri
-Beradaptasi dan menunjukkan fleksibillitas
-Bekerja secara mandiri
-Mendemontrasikan keinginan untuk belajar
-Mendemontrasikan integritas
-Mengambil inisiatif
-Menampilkan sikap positif dan harga diri

Workplace Skill
a)Pengelolaan sumber daya
-Mengatur waktu
-Mengatur uang
-Mengatur personil
-Mengelola bahan

b)Penggunaan Informasi
-Menempatkan informasi
-Mengatur informasi
-Menggunakan informasi
-Menganalisis informasi
-Mengkomunikasikan informasi

c)Keterampilan Komunikasi
-Berkomunikasi secara lisan
-Mendengarkan secara aktif
-Memahami materi tertulis
-Menyampaikan informasi secara tertulis 
-Mengamati dengan seksama

d)Berpikir Sistem
-Memahami dan menggunakan sistem
-Monitor sistem
-Memperbaiki sistem

e)Keterampilan Menggunakan Teknologi

Siswa SMK harus memiliki tiga siklus:
a)Employabillity skill merupakan bagian spesifik dari apa yang dikenal lebih luas dengan istilah keterampilan umum(generic skill).
b)Technical skill keterampilan tingkat menengah yang disebut technical skill adalah kemampuan kejuruan atau teknis yang diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman praktis.
c)Academic skill merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa,Kecakapan akademik adalah kecakapan berpikir rasional yang menjadi dasar seseorang untuk berpikir.

Di Dalam Employabillity Skill Memiliki 8 Aspek:

A.Keterampilan Komunikasi
Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan 2 orang atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan pesan agar tidak salah makna

Atribut-atribut keterampilan berkomunikasi yang dapat diidentifikasi meliputi:
-Mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain
-Memahami kebutuhan pelanggan internal dan eksternal
-Menuliskan kebutuhan audience
-Berbicara secara langsung dan jelas
-Menyampaikan informasi dan pendapat secara lisa
-Menyampaikan informasi dalam bentuk presentasi
-Berbagi informasi
-Mengembangkan sikap dan gaya penyampaian gagasan sesuai sikon

Tata cara komunikasi efektif:
-Melihat lawan bicara
-Suaranya terdengar jelas
-Ekspresi wajah yang menyenangkan
-Tata bahasa yang baik
-Pembicaraan mudah dimengerti,singkat,dan jelas.

B.Keterampilan Bekerja Dalam Berkelompok(teamwork)
Bekerja dalam kelompok adalah memberikan kontrisbusi dalam pengembangan dan pencapaian tujuan tim.

Atribut-atribut bekerja dalam kelompok meliputi:
-Menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas tim
-Menghargai kemampuan,pendapat atau kontrisbusi orang lain
-Membagi pengetahuan,pendapat,dan gagasan saat mengambil keputusan
-Mendukung keputusan yang disepakati bersama
-Bekerja sebagai individu dan sebagai tim

C.Keterampilan Memecahkan Masalah(problem solving)
Memecahkan masalah adalah memberikan solusi atau pendapat dan tidak menambahkan masalah

Seseorang dianggap memiliki dan menghadapi masalah bila menghadapi kondisi berikut:
-Memahami dengan jelas kondisi atau situasi yang sedang terjadi
-Memahami dengan jelas tujuan yang diharapkan
-Memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan

D.Keterampilan Dalam Mengambil Prakarsa & Berusaha
Prakarsa bisa disebut dengan invisiatif harus mempunyai ide

Atribut-atribut berusaha meliputi:
-Adaptasi terhadap situasi baru
-Mengidentifikasi peluang
-Menerjemahkan ke dalam tindaka
-Menginisiasi solusi-solusi inovatif

E.Keterampilan Merencanakan & Mengatur Kegiatan
Proses mengatur orang-orang untuk bekerja ke arah tujan bersama

Atribut-atribut merencanakan & mengatur kegiatan meliputi:
-Mengelola waktu dan prioritas kegiatan
-Mengambil inisiatif
-Berpatisipasi dalam proses perencanaan dan peningkatan secara berkelanjutan
-Membuat tujuan proyek menjadi jelas

F.Keterampilan Mengelola Diri
Manajemen adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengurus dirinya sendiri

Atibut-atribut Keterampilan mengelola diri meliputi;
-Bertanggung jawab terhadap tindakan yang diambil
-Membuat rencana kerja secara sistematis
-Melaksanakan rencana kerja secara konsisten

G.Keterampilan Dalam Pembelajaran
Cara untuk mempertahankan dan menambah pengetahuan

Atribut-atribut keterampilan dalam pembelajaran meliputi:
-Menerima dan memahami informasi baru dan cepat
-Terbuka untuk menerima pengetahuan dan keahlian baru
-Menerapkan hal-hal yang telah dipelajari

H.Keterampilan Menggunakan Teknologi
Atribut-atribut keterampilan menggunakan teknologi meliputi:
-Menggunakan komputer untuk kelancaran penyelesaian tugasnya
-Berusaha mengetahui manfaat aplikasi komputer yang dibutuhkan dalam pekerjaan
-Memelihara hardware/software tetap berfungsi baik

I.Kesehatan & Keselamatan Kerja

Aspek keselamatan kerja untuk siswa SMK meliputi:
-Lingkungan atau area kerja
-Sarana prasana keselamatan kerja
-Pencegahan kecelakaan kerja
-Ketepatan penggunaan peralatan praktek

H.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN

MASALAHNYA.

Saat aku mendengarkan aku masih belum tanggap dalam komunikasi dan Cara menyelesaikannya aku mengulas kembali dan bertanya

I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Kalau lulus SMK wajib mempunyai employabillity skill

J.REFERENSI

-E>book Employabillity Skill Lulusan SMK.pdf
-Wikipedia


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url