BLC Telkom || Pentingnya Employabillity Skill

 Employabillity Skill

A.PENDAHULUAN

a.Pengertian
Employabillity skill adalah keterampilan seseorang memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan atau tetap dapat bekerja atau bisa di sebut kecakapan kerja,kecakapan kerja adalah kemampuan.

b.Latar Belakang Masalah
Employabillity skill adalah syarat saat mau bekerja

B.MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud
Mengetahui apa itu employabillity skill

b.Tujuan
Bisa menerapkannya sehari-hari

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Employabillity skill

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

-Bisa menerapkanya

E.Alat dan Bahan

-Laptop
-Charger
-Internet

F.Target Waktu

08.00-16.00 WIB

G.Tahapan Pelaksanaan

-Presentasi,presentasi adalah bebicara didepan banyak orang


-Pendahuluan:
Assalamualaikum wr.wb
Saya disini akan menerangkan bagaimana pentingnya employabillity skill bagi lulusan SMK,sebelum memasuki pengertian employabilliti skill,siswa harus memiliki tiga siklus dibawah ini:
  1. Employabillity skill
  2. Technical Skill
  3. Academic Skill
1.Employabillity skill adalah keterampilan khusus seperti komunikasi,kerja tim,cara memecahkan masalah,dll
2.Technical skill adalah kemampuan kejuruan atau teknis contohnya:Jurusannya tata boga dan dia harus bisa masak,kalau TAV dia bisa mengotak-ngatik son sistem
3.Academic skill adalah kecakapan berpikir rasional atau wajar yang menjadi dasar untuk berpikir contohnya: pelajaran matematika,ipa,b.inggris,dll

-Dan employabillity skill memiliki 8 aspek berikut:
  1. Komunikasi
  2. Kerja tim(teamwork)
  3. Memecahkan masalah(problem solving)
  4. Inisiatif & Berusaha
  5. Merencanakan & Mengatur kegiatan
  6. Mengelola diri
  7. Pembelajaran
  8. K3
1.Keterampilan Komunikasi
  • Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan 2 orang atau lebih dengan tujuan untuk menyampaikan pesan agar tidak salah makna
Contohnya:
 "Saat presentasi aku berbicara didepan banyak orang"
  • Atribut-atribut keterampilan komunikasi meliputi:
-Mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain
-Berbicara secara langsung dan jelas
-Berbagi informasi 
-Menyampaikan informasi dalam bentuk presentasi
-Menyampaikan informasi dan pendapat lisan
  • Tata cara komunikasi efektif:
-Melihat lawan bicara
-Suaranya terdengar jelas
-Ekspresi wajah yang menyenangkan
-Tata bahasa yang baik
-Pembicaraan yang mudah dimengerti,singkat,dan jelas

2.Keterampilan Kerjatim(teamwork)
  • Kerjatim adalah memberikan konstibrusi atau keikut sertaan dalam pengembangan dan pencapaian tujuan tim
Contohnya:
 "Saat menyapu halaman dilakukan bersama atau anggota tim"
  • Atribut-atribut kerjatim meliputi:
-Menunjukkan tanggung jawab terhadap tugas tim
-Menghargai kemampuan,pendapat, atau konstribusi orang lain
-Membagi pengetahuan,pendapat,gagasan saat mengambil keputusan
-Bekerja sebagai individu dan sebagai tim

3.Memecahkan masalah(problem solving)
  • Memecahkan masalah adalah memberikan solusi atau pendapat agar masalah dapat diselesaikan malah tidak menambah-nambah masalah
Contohnya:
 "Saat sedang melaksanakan solat imam kita menginjak atau bajunya kena kotoran kita kasih tau ketika solat selesai dan umtuk mengulang sholatnya"
  • Seseorang dianggap memiliki dan menghadapi masalah bila menghadapi kondisi berikut:
-Memahami dengan jelas kondisi atau situasi yang sedang terjadi
-Memahami dengan jelas tujuan yang diharapkan
-Memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan

4.Keterampilan inisiatif & Berusaha
  • Inisiatif bisa disebut mengambil prakasa yang berarti mempunyai ide baru
Contohnya:
 "Kalau ada piring kotor kita inisiatif bersihkan(tidak menunggu untuk disuruh)
  • Atribut-atribut berusaha meliputi:
-Adaptasi terhadap situasi baru
-Mengidentifikasi peluang
-Menerjemahkan ke dalam tindakan

5.Keterampilan Merencanakan & Mengatur kegiatan
  • Proses mengatur orang-orang untuk bekerja ke arah tujuan bersama
Contohnya:
 "Saat piket kita harus mempersiapkan alat kebersihan dan orang-orang untuk bekerja"
  • Atribut-atribut merencanakan kegiatan meliputi:
-Mengelola waktu dan prioritas kegiatan
-Mengambil inisiatif
-Membuat tujuan menjadi jelas

6.Keterampilan Mengelola Diri
  • Mengelola diri bisa disebut juga manajemen yang artinya kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengurus dirinya sendiri
Contohnya:
 "Saat kita frustasi yang kita lakukan adalah memotivasi atau mendorong diri agar senag"
  • Atribut-atribut keterampilan mengelola diri meliputi:
-Menerima dan memahami informasi baru dan cepat
-Terbuka untuk menerima pengetahuan keahlian baru
-Menerapkan hal-hal yang telah dipelajari

7.Keterampilan Menggunakan Teknologi

Contoh:
"Kita kalau menggunakan laptop saat kita butuh hal-hal positif dan jangan salah menggunakan laptop untuk membuka hal-hal negatif"
  • Atribut-atribut menggunakan teknologi meliputi:
-Menggunakan komputer untuk kelancaran penyelesaian tugasnya
-Berusaha mengetahui manfaat aplikasi komputer yang dibutuhkan dalam pekerjaan
-Memelihara software/hardware

8.K3(Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

Contoh:
"Saat naruh kabel di kembalikan ke tempatnya semula agar tidak ada kecelakaan yang tidak diinginkan"
  • Aspek K3 meliputi:
-Limgkungan atau area kerja
-Sarana prasana keselamatan kerja
-Pencegahan keselamatan kerja

-Kenapa SMK banyak pengannguran?
Karena mereka tidak memiliki employabillity skill

H.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN
MASALAHNYA.

Saat ada yang bertanya kurang jelas dan cara menyelesaikannya di suruh berbicara yang keras dan jelas

I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Siswa SMK harus memiliki employabillity skill

J.REFERENSI

E>book Employabillity Skills Lulusan SMK pdf.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url