BLC Telkom || SKKNI Soft Skill

 Softskill

A.PENDAHULUAN

a.Pengertian
Softskill merupakan sekumpulan kompetensi yang mencangkup keterampilan,pengetahuan,dan sikap atau tingkah laku sehinnga membentuk kualitas individu yang dapat bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan

b.Latar Belakang Masalah
Belum mengetahui softskill dan belum bisa menerapkannya

B.MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud
Memahami kekurangan dan kelebihan diri kita

b.Tujuan
Menerapkan softskill

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Softskill SKKNI

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

-Bisa menerapkan softskill di bidang kerja

E.Alat dan Bahan

-Laptop
-Charger
-Internet

F.Target Waktu

08.00-16.00

G.Tahapan Pelaksanaan

-Brefing
-Membahas bersama

-Pentingnya soft skill:
Saat kita mau melamar kerja sekarang yang dibutuhkan soft skill dari pada hardskill karena orang yang memiliki softskill dapat dipercaya kalau hardskill itu belum tahu sosok sifatnya karena belum adanya softskill banyak orang yang korupsi oleh sebab itu soft skill sangat penting di dunia kerja dan sofskill 80% dan hardskill hanya 20%.

-Soft skill:
Soft skill adalah sekumpulan kompetensi yang mencangkup keterampilan,pengetahuan,sikap,dll.

-ILO mencatat ada 5 tantangan didunia kerja sehingga soft skill menjadi penting dimiliki yaitu:
1)Globalisasi dan meningkatnya persaingan kerja sehinnga mendorong tingginya kebutuhan terhadap pekerja yang mampu bekerja dalam tim(teamwork)
2)Globalisasi dan mobilitas internasional sehinnga menuntut para pengusaha dan pemberi kerja untuk menghargai keragaman sosial,budaya,dan agama(toleransi)
3)Meningkatnya kompleksitas masalah ekonomi,sosial, dan hal-hal teknis yang membutuhkan pemikiran yang kritis serta kecekapan dan ketetapan dalam penyelesaiannya
4)Perubahan yang intensif sehingga mendorong kebutuhan pekerja yang adaptif dan mau terus belajar
5)Perkembangan ekonomi yang berbasis pengetahuan sehinnga keterampilan dalam komunikasi dan manajemen informasi sangat dibutuhkan

-Mental blok:
Situasi dimana orang yang mau maju tetapi ada halangan atau hambatan yang menghalangi kemajuan perubahannya

-Etos kerja:
Konsep kerja atau paradigma kerja yang diyakini oleh seseorang atau sekelompok orang sebagai yang baik dan benar yang diwujud nyatakan kedalam perilaku kerja mereka secara khas,dan etos kerja berhubungan dengan:orientasi kemasa depan,menghargai waktu,tanggung jawab,hemat dan sederhana,persaingan sehat

-Literatur:
Semua materi baik cetak maupun elektronik yang menjadi sumber bacaan.Literatur belum bisa dijadikan sumber refrensi

-Manajemen stres:
Kemampuan seseorang untuk mengelola dirinya baik jiwa,raga,fisik,emosi,dan spiritual

-Gestur:
Sikap yang berkaitan dengan bahasa tubuh yang dimunculkan seseorang dan biasanya bersifat alamiah

-Gender:
Peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh masyarakat,bersifat tetap atau tidak berubah-rubah,tergantung pada nilai-nilai yang ada didalam masyarakat tersebut

-Inklusi sosial:
Suatu proses meningkatkan proses meningkatkan kemampuan,peluang,dan martabat orang(yang dirugikan karena identitas mereka)sehinnga dapat mengambil dari bagian dalam msyarakat atau bisa dibilang menngembalikan nama

-Mentor:
Orang yang berpengalaman dan membimbing      

H.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN
MASALAHNYA.

Belum bisa menerapkan softskill dan penyelesaiannya di lakukan sedikit demi sedikit

I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

Soft skill adalah hal yang dibutuhkan ketika bekerja

J.REFERENSI

E>book SKKNI 2020-234 Soft Skills pdf.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url